Jasa Bersih Kantor – Banyak orang menghindari membeli pakaian dan selimut wol karena tidak mau berurusan dengan kerumitan dan biaya dry cleaning. Anda mungkin bertanya-tanya apakah mungkin untuk mencuci wol dengan tangan tanpa menyusutnya, dan Anda harus tahu bahwa ini bisa menjadi proses yang jauh lebih sederhana daripada biasanya.

Sebelum Anda memulai proses pencucian, pastikan untuk memeriksa kandungan serat produk wol Anda. Jika pakaian atau selimut Anda mengandung lebih dari 50 persen wol atau serat hewani, berisiko menyusut. Jika sweter Anda adalah campuran wol dari asetat atau akrilik, kemungkinan kecilnya akan menyusut. Namun, jika kadar akrilik tinggi dan kadar wol rendah, Anda tetap tidak dapat mencuci benda dengan air panas karena akrilik kehilangan elastisitasnya saat terkena panas. Jangan pernah mengeringkan wol di pengering karena panas akan menyebabkannya menyusut.

 

 

Tips & Trik Tepat Membersihkan Selimut dan Pakaian Wol

 

 

Pertimbangan untuk Mencuci Wol
Menjawab pertanyaan di bawah ini terbukti bermanfaat saat Anda memutuskan apakah Anda harus mencuci pakaian wol dengan tangan atau harus mengeringkannya. Tentunya, selalu baca dan ikuti petunjuk yang tertulis di baju atau blanket tag. Produsen memberikan saran ini karena suatu alasan. Setelah Anda melihat petunjuk pada tag, Anda dapat menentukan metode pembersihan Anda dengan mengikuti beberapa pedoman. Hal-hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mencuci barang wol di rumah meliputi:

-Apakah itu ditenun atau dirajut?
-Apakah menenun atau merajut terbuka atau kencang?
-Apakah kain wolnya berat dan berbulu, atau halus dan tipis?
-Apakah garmen memiliki lapisan yang dijahit?
-Apakah ada lebih dari 50 persen serat atau wol hewani?
-Apakah dicampur dengan akrilik atau asetat?

Penting untuk dipahami bahwa wol lebih menyusut daripada serat lainnya. Misalnya, rajutan wol lebih cenderung menyusut daripada wol tenunan. Alasannya adalah karena benang pakaian rajut lebih berbulu dan tebal serta memiliki lilitan yang jauh lebih sedikit saat diproduksi. Meskipun kain tenun masih bisa menyusut, kain tenun tidak akan menyusut seperti rajutan atau rajutan karena desain benang lebih rapat dan lebih kompak. Selain itu, merawat setelan wol selama proses finishing membantu mencegah penyusutan.

Tips Mencuci yang Direkomendasikan
1. Cuci Dengan Lembut
Selalu bersihkan sweater sebelum disimpan, karena serangga menghilangkan keringat dan noda. Cuci kering bekerja dengan baik tetapi bisa mahal. Dalam kebanyakan kasus, mencuci wol dan campuran wool dengan tangan aman, tetapi biarkan label perawatan menjadi panduan Anda. Tambahkan jumlah yang disarankan dari sabun yang diformulasikan untuk bahan halus ke bak cuci yang diisi air hangat. Rendam pakaian dari dalam ke luar jika merupakan pakaian selama sekitar 10 menit, lalu bilas setidaknya dua kali. Wol yang basah sangat mudah meregang jadi tekan keluar airnya tanpa memeras atau memutarnya.

2. Datar Kering
Jangan mengeringkan wol di unit pengering Anda. Sebagai gantinya, letakkan bagian yang bersih dan basah di atas handuk kering dan gulung untuk mengeluarkan air. Buka gulungan dengan hati-hati dan biarkan mengering di rak jaring atau handuk bersih. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyesuaikan ukuran, baik sedikit lebih kecil atau lebih besar, dan membentuk kembali atau memblokir rajutan. Saat potongan mengering, ukuran dan bentuknya akan diatur pada tempatnya.

3. Batalkan Pil dan Simpan dengan Aman
Pada titik ini, Anda dapat dengan aman mencukur bola pil dengan perangkat yang dirancang khusus. Untuk menyimpan wol bersih Anda, ketahuilah bahwa serangga dapat menyelinap melalui celah di peti kayu cedar. Selain itu, keefektifan pohon cedar berkurang seiring waktu. Sebagai alternatif, lipat item wol dan letakkan di tempat sampah plastik kedap udara atau kantong bersegel vakum. Anda juga bisa memasukkan lavendel ke dalam sachet berisi kering untuk mencegah serangga dan menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering. Metode lain untuk mencegah serangga saat menyimpan wol adalah mengemasnya dengan kapur barus dan serutan kayu cedar untuk mengusir dan membunuh serangga. Namun, pastikan kapur barus tidak bersentuhan langsung dengan wol.

4. Menghilangkan Noda
Usahakan untuk menangani noda secepat mungkin agar tidak menempel di wol. Dengan kain bersih, bersihkan noda sebanyak mungkin tanpa menggosok. Jika Anda menggunakan larutan penghilang noda, pastikan produk tersebut aman untuk kain wol. Pastikan noda benar-benar hilang sebelum ditekan, karena panas akan membuat noda permanen pada wol.

Cara Mencuci Wol

Wol tersedia dalam banyak jenis, sehingga sangat penting untuk mengetahui petunjuk pembersihan yang direkomendasikan pabrikan yang terdapat pada label terlampir sebelum Anda mulai membersihkan selimut atau pakaian.

Wol biasanya tahan noda dan tidak mudah menyerap cairan. Namun, Anda perlu membersihkan noda sesegera mungkin atau noda akan menempel pada tenunan. Jika Anda melihat noda yang sulit pada selimut atau pakaian Anda, yang terbaik adalah membawa barang tersebut ke bisnis pembersih profesional.

Wol biasanya akan menghilangkan kerutannya tanpa banyak usaha. Misalnya, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggantung pakaian wol yang kusut di kamar mandi yang dikukus, yang dapat dengan mudah dilakukan dengan mandi air hangat selama beberapa menit, dan akhirnya kerutan akan hilang dengan sendirinya.

Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mencuci item wol dengan tangan.

-Menggunakan air hangat saja, isi wastafel. Seharusnya terasa sedikit hangat di tangan Anda.
-Tambahkan jumlah detergen yang aman untuk wol dan desir untuk mencampurnya.
-Tempatkan barang Anda di atas air lalu dorong perlahan ke bawah.
-Jangan menggosok; cukup tekan wolnya.
-Ketika pencucian selesai, angkat sweater dan peras airnya.
-Jalankan bak cuci lain yang penuh dengan air hangat dan gunakan gerakan yang sama untuk membilas sweater / selimut.
-Bilas dengan menekan, angkat dan remas hingga airnya jernih.
-Peras air sebanyak mungkin tanpa memerasnya.
-Letakkan sweter Anda di atas handuk kering yang tebal dan gulung handuk tersebut.
-Peras handuk untuk menghilangkan lebih banyak kelembapan.
-Buka gulungan handuk untuk membentuk kembali barang Anda.
-Tinggalkan kering dari sinar matahari langsung untuk menghindari pudar.

Ada konsekuensi untuk mencuci potongan wol dengan tidak benar. Namun selama Anda mencuci wol dengan air hangat, tidak meremas atau meregangkannya saat basah dan kering agar tidak memanjang, Anda dapat menghindari sebagian besar kecelakaan pencucian.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *