GreenClean – Jika Anda tidak sadar bahwa Anda perlu membersihkan pembuat es secara teratur, yakinlah bahwa Anda ada di tempat yang baik. Banyak orang tidak berpikir dua kali tentang pembuat es mereka selama es tetap terasa normal dan menghasilkan es batu, tetapi pembuat es Anda masih memerlukan perhatian meskipun tidak menunjukkan tanda-tanda masalah. Nyatanya, alat kecil ini harus mendapat perhatian penuh Anda setidaknya dua kali setiap tahun.

 

 

Tips Dan Trik Cara Membersihkan Mesin Pembuat Es

 

 

Mengapa Anda Perlu Membersihkan Mesin Pembuat Es Anda Secara Teratur
Pembuat es Anda akan menunjukkan beberapa tanda bahwa sudah terlambat untuk dibersihkan, seperti dengan membuat es batu yang berbau tidak sedap, berkabut, dan rasanya tidak enak. Jika rumah Anda memiliki air sadah, mineral di dalam air secara bertahap akan menumpuk di gulungan pembuat es. Jika ini terjadi, alat mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk membuat es atau mungkin tidak dapat lagi membekukan air. Masalah ini juga dapat memengaruhi umur panjang pembuat es Anda dan dapat menyebabkan perlunya penggantian yang prematur. Ingatlah bahwa pertumbuhan jamur dan lumut dapat menjadi masalah pada pembuat es yang kotor. Selain memengaruhi rasa es batu Anda, hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi semua orang di rumah. Untungnya, proses membersihkan pembuat es relatif mudah.

Langkah Mudah untuk Membersihkan Pembuat Es Anda
Sebelum Anda mulai membersihkan pembuat es, Anda harus mengeluarkan semua item di dalam freezer serta lemari es. Ini akan memberi Anda ruang kerja yang cukup dan akan mencegah makanan basah kuyup. Umumnya, proses pembersihan akan memakan waktu sekitar 20 menit atau kurang. Karenanya, tidak ada alasan untuk memindahkan makanan ke dalam peti es saat Anda bekerja.Saat lemari es dan freezer kosong, seka seluruhnya. Langkah ini penting karena bau dapat berpindah ke es batu Anda. Kemudian, cabut lemari es untuk mencegah sengatan listrik. Lepaskan baki atau nampan serta semua komponen lain yang dapat dilepas pada pembuat es sebenarnya.Anda dapat mencuci bagian-bagian ini dengan tangan di wastafel, atau menggunakan waslap dan soda kue untuk menggosoknya. Semua bagian harus dibilas dan dikeringkan secara menyeluruh sebelum dimasukkan kembali ke dalam freezer. Jangan pernah menggunakan pemutih atau produk pembersih kimiawi lainnya untuk membersihkan bagian mana pun dari pembuat es Anda.

Langkah selanjutnya adalah membersihkan baki bawaan yang membentuk kubus beku. Setelah mengeluarkan semua es dan air dari nampan, siapkan ramuan dari air dan cuka putih dengan perbandingan yang sama. Celupkan handuk ke dalam bahan pembersih ini, dan seka baki sebanyak yang Anda bisa. Kemudian, gunakan sikat gigi kecil atau alat serupa lainnya untuk terus menggosok baki. Saat kotoran dibersihkan, gunakan kain bersih dan lembab untuk menyeka sisa cuka dan residu.

Langkah terakhir dalam proses pembersihan adalah mengganti filter air pembuat es. Komponen penting ini memengaruhi umur pembuat es Anda serta kejernihan, rasa, dan bau balok. Banyak orang tidak menyadari bahwa pembuat es mereka memiliki filter air atau perlu diganti. Karena itu, mungkin sudah bertahun-tahun sejak terakhir kali filter diganti.

Setelah Anda memasang lemari es dan mengembalikan semua makanan ke lemari es dan freezer, Anda harus membiarkan pembuat es berputar beberapa kali. Cukup buang tiga atau empat kubus berikutnya ke bak cuci. Ini akan memungkinkan kotoran yang tersisa serta cuka untuk disaring melalui sistem.

Kapan Membersihkan Pembuat Es Anda
Waktu terbaik untuk membersihkan pembuat es dan mengganti filter adalah dua kali setahun. Ini mungkin pada saat yang sama saat Anda membersihkan lemari es dan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga musiman utama lainnya. Jika Anda kesulitan mengingat untuk melakukan ini, pertimbangkan untuk menambahkan pengingat melalui kalender ponsel cerdas Anda. Sebaiknya sediakan beberapa filter air tambahan jika Anda merasa filter perlu diganti di antara sesi pembersihan utama. Kapan terakhir kali Anda memberi pembuat es perhatian penuh yang dibutuhkannya? Anda dapat mempersiapkan proyek ini dengan membeli filter air pengganti. Kemudian, sisihkan sekitar 20 menit waktu Anda untuk menjalani langkah-langkah mudah ini. Meskipun ini bisa menjadi proyek yang berantakan, hasil akhirnya sepadan dengan usaha.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *