GreenClean – Panci keramik dan peralatan masak, seperti merk dari Equal Parts, populer karena permukaan memasak anti-lengketnya. Namanya agak keliru karena seluruh wajan tidak terbuat dari keramik; hanya ada lapisan keramik yang diikat ke logam peralatan masak. Lapisan keramik dapat diaplikasikan pada besi tuang, aluminium, tembaga, atau baja tahan karat.

Meskipun lapisan antilengket terdengar mudah dirawat, lapisan ini akan ternoda terutama jika makanan dibakar pada suhu tinggi. Hanya dengan beberapa tip dan beberapa dasar pembersihan rumah tangga, panci keramik dapat digunakan untuk menyiapkan makanan selama bertahun-tahun.

Dianjurkan untuk panci keramik dan peralatan masak baru harus dicuci dengan tangan dalam air sabun hangat, dibilas dengan baik, dan dikeringkan dengan kain lembut. Ini akan menghilangkan partikel debu keramik dan kotoran yang menempel di permukaan selama pembuatan dan pengiriman.

Tentu saja, peralatan masak keramik harus dicuci setelah digunakan untuk menghilangkan partikel makanan. Periksa permukaan peralatan masak secara berkala untuk mencari perubahan warna dan lakukan pembersihan menyeluruh untuk menghilangkan noda.

Alat yang dibutuhkan:
-Air hangat
-Cairan pencuci piring
-Soda kue
-Hidrogen peroksida
– Spons atau serbet lembut
-Dishtowel
– Wajan atau panci besar

 

Kiat Tepat Dalam Membersihkan Panci Keramik

 

Langkah-langkahnya :
1. Biarkan Panci Keramik Menjadi Dingin
Lapisan keramik tidak merespons perubahan suhu yang cepat dan drastis. Selalu biarkan peralatan masak keramik benar-benar dingin sebelum dicuci.

-Isi Wastafel Dengan Air Hangat dan Cairan Pencuci Piring
-Isi wastafel atau panci dengan air hangat dan sedikit cairan pencuci piring.

2. Bersihkan Dengan Spons Lembut
Rendam peralatan masak keramik dan gunakan spons atau serbet lembut untuk membersihkan permukaannya.

3, Bilas dan Keringkan
Bilas peralatan masak dengan air hangat dan keringkan dengan lap piring lembut atau biarkan peralatan masak mengering di rak piring.

4. Hilangkan Sisa Makanan Dengan Baking Soda
Jika makanan telah gosong dan menempel pada lapisan keramik, biarkan wajan terendam dalam air sabun hangat setidaknya selama 30 menit. Celupkan spons basah ke dalam soda kue kering dan gunakan untuk membersihkan sisa makanan yang tersisa. Bilas bersih dan keringkan peralatan masak.

Jika makanan tidak mudah lepas, taburi bagian bawah wajan dengan soda kue dan tambahkan satu hingga dua sendok makan air panas. Diamkan campuran selama 30 menit dan gosok wajan dengan spons atau tongkat pencuci piring dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Ulangi jika perlu, lalu bilas dan keringkan.

5. Atasi Perubahan Warna Dengan Hidrogen Peroksida
Setelah banyak penggunaan — dan beberapa episode makanan yang gosong — lapisan keramik bisa berubah warna. Untuk membantu meringankan hasil akhir, tuangkan cukup hidrogen peroksida tiga persen (pertolongan pertama biasa) untuk menutupi bagian bawah wajan. Agar efektif, hidrogen peroksida harus menggelembung. Jika tidak, solusinya tidak segar dan Anda harus membeli botol baru.Biarkan larutan tersebut berada di dalam wajan selama 30 menit lalu bilas dan keringkan. Sedikit pemutihan dari peroksida akan mencerahkan hasil akhir.

Tips untuk Menjaga Panci Keramik Tahan Lama
-Selalu cuci tangan peralatan masak keramik. Deterjen pencuci piring bisa mengandung pemutih dan asam sitrat yang terlalu keras untuk hasil akhir.
-Jangan pernah menggunakan pembersih abrasif atau bantalan gosok saat membersihkan panci keramik.
-Hindari perubahan suhu yang dramatis. Selalu biarkan wajan panas menjadi dingin sebelum memasukkannya ke dalam air piring untuk dibersihkan.
-Jangan pernah menggunakan perkakas logam yang dapat menggores permukaan saat memasak — sendok dan spatula dari plastik, silikon, kayu, atau nilon adalah yang terbaik.
-Jangan pernah memotong makanan dengan pisau di peralatan masak keramik untuk mencegah gouge ke permukaan.
-Akhirnya, lapisan keramik akan mulai menunjukkan keausan. Jika itu terjadi, hindari menggunakan bahan asam untuk membersihkan wajan (lemon, cuka). Kandungan asam yang tinggi dapat menyebabkan hasil akhir terkikis lebih cepat.
-Pilih sedikit minyak atau mentega dan hindari semprotan memasak saat menyiapkan makanan. Semprotan masakan dapat meninggalkan residu yang menumpuk dan sulit dihilangkan. Beberapa semprotan mungkin mengandung bahan yang terlalu keras untuk pelapis keramik.
-Jangan gunakan suhu yang terlalu tinggi saat memasak. Temperatur rendah hingga sedang-tinggi adalah yang terbaik untuk hasil akhir.
-Jangan menumpuk peralatan masak keramik tanpa bantalan di antara potongan-potongannya. Menggunakan bantalan akan mencegah goresan pada interior dan eksterior peralatan masak.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *