GreenClean.id – Ketika Anda mempertimbangkan bahaya kesehatan di rumah Anda, kita semua tahu bahwa kamar mandi dapat dipenuhi dengan mikroba dan kuman dari, kotoran, kotoran manusia, dan sisa-sisa kotoran yang tidak sedap. Tetapi ada banyak hal lain yang dapat menyebabkan Anda merasa sakit terutama jika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah. Jika Anda mengalami masalah pernapasan, sakit kepala, pusing, atau masalah dengan luka dan goresan yang tampaknya tidak kunjung sembuh, kamar mandi Anda mungkin menjadi penyebab masalah tersebut.

Bakteri dan penjahat lainnya dapat bersembunyi di tempat-tempat sederhana. Dan meskipun Anda mungkin rajin mencuci tangan dan menjaga permukaan tertentu tetap berkilau, mungkin ada area lain yang lupa Anda bersihkan. Kami telah mengumpulkan area masalah umum dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan Anda, ditambah bagaimana memperbaikinya untuk menciptakan kamar mandi yang sehat dan bahagia. Apa saja perihal yang bisa menimbulkan penyakit di kamar mandi ?

 

 

Perihal Di Kamar Mandi Yang Bisa Menimbulkan Penyakit

 

 

Jamur
Kamar mandi adalah inkubator yang sempurna untuk pertumbuhan jamur dan lumut. Ada banyak kelembaban dan kotoran tubuh untuk mendorong pertumbuhan. Jamur adalah jamur dan meski tidak sedap dipandang, biasanya tidak terlalu beracun. Itu menyebar dengan cepat pada permukaan seperti kain, nat, dempul, dan permukaan kayu yang dicat melalui spora dan dapat mengiritasi pernapasan. Jadi, jika sudah muncul, sebaiknya segera obati.Cara terbaik untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan lebih banyak jamur beracun adalah dengan mengurangi kelembapan dengan meningkatkan sirkulasi udara. Ventilasi kamar mandi harus dijalankan setidaknya 20 menit setelah mandi air hangat. Biarkan handuk dan tirai kamar mandi benar-benar kering dan secepat mungkin setelah digunakan.

Sakelar Lampu, Kenop Pintu, dan Gagang Keran
Tidak semua orang rajin mencuci tangan setelah setiap perjalanan ke kamar mandi. Dan tangan bisa menjadi sangat kotor saat Anda membuka pintu dan menyalakan lampu saat Anda memasuki ruangan.Kenop pintu, sakelar lampu, dan gagang keran dapat tertutup kotoran tubuh, jamur, ragi, dan bakteri seperti E. Coli dan Listeria yang dapat membuat anggota keluarga sakit parah.Siapkan tisu desinfektan dan bersihkan semuanya dengan cepat setidaknya sekali sehari. Lakukan lebih sering jika ada yang menderita flu atau virus.

Kipas Kamar Mandi Rusak
Kipas atau ventilasi kamar mandi sangat penting untuk menghilangkan kelembapan berlebih yang menumpuk setelah mandi atau shower beruap. Tetapi apakah itu berfungsi dengan benar? Jika kipas tidak memiliki ventilasi yang baik ke sistem pembuangan luar atau bagian dalamnya tertutup debu dan jamur, mungkin ada partikel berbahaya yang bersirkulasi ulang yang dapat menyebabkan masalah pernapasan bagi siapa pun yang menderita asma atau alergi.

Kualitas Air Buruk
Air sadah, atau air yang mengandung mineral tingkat tinggi seperti kalsium dan jeruk nipis, dapat menyebabkan bercak yang tidak sedap dipandang pada perlengkapan kamar mandi. Tetapi jika air mengandung bahan kimia atau bakteri tertentu, maka itu bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.Rumah tua sering kali memiliki pipa logam yang telah dihubungkan dengan solder timbal atau pipa timah padat. Timbal rusak selama bertahun-tahun dan lintah ke dalam air. Timbal sangat berbahaya bagi anak-anak dengan otak dan sistem saraf yang sedang berkembang.Klorin biasanya ditambahkan ke sistem air kota untuk mengendalikan bakteri. Jumlah yang terlalu tinggi dapat memperburuk gejala asma dan bronkitis jika terhirup selama mandi yang lama dan beruap. Pertimbangkan untuk menambahkan pancuran yang berisi filter yang bisa diganti.Alat penguji air tersedia melalui departemen kesehatan setempat atau dibeli secara online untuk menentukan apakah air Anda membuat Anda sakit.

Lubang Air
Lubang Air dapat tersumbat oleh buih sabun, tetapi dapat dengan mudah dibersihkan dengan cuka putih suling. Ancaman yang lebih besar dengan lubang air adalah apa yang mungkin mereka simpan di dalamnya.Para peneliti di University of Colorado telah menemukan bahwa lubang air dapat menyebabkan mikroba seperti Legionella pneumophila dan Mycobacterium avium, mikobrakteria nontuberkulosis, menyebar ke udara. Ini sangat berbahaya bagi mereka yang menderita penyakit paru-paru atau sistem kekebalan yang lemah.

Sikat Mandi, Lulur, dan Loofah
Kuas mandi, scrubbing poof, dan loofah sangat bagus untuk menghilangkan kotoran tubuh dan sel kulit mati. Mereka juga bagus dalam menyimpan semua tanah, ragi, dan bakteri sehingga lain kali Anda menggunakannya, Anda menyebarkan semuanya kembali ke kulit Anda.Jika Anda menggunakannya untuk mengelupas kulit dengan cepat setiap hari, Anda dapat menciptakan mikro-air mata di kulit sehingga lebih rentan terhadap infeksi bakteri.Setelah digunakan, alat scrubbing harus dicuci dengan sabun dan dibilas dengan baik. Keluarkan dari kamar mandi dan gantung di udara kering di mana ada sirkulasi udara yang baik. Sering-seringlah memasukkannya ke dalam mesin cuci untuk pembersihan menyeluruh.

Handuk Tangan dan Mandi
Melakukan lebih sedikit cucian selalu merupakan hal yang baik dan handuk mandi sering kali dapat digunakan lebih dari sekali jika dibiarkan mengering sepenuhnya di antara penggunaan. Masalahnya dimulai jika handuk mandi dan tangan, keset kamar mandi, dan handuk pantai digunakan bersama atau tidak cukup sering dicuci.Kaki atlet dapat ditransfer melalui linen mandi serta E. Coli dan bakteri jika tangan tidak dicuci secara menyeluruh. Handuk tangan harus diganti setiap hari dan didisinfeksi dengan benar terutama jika ada anggota keluarga yang sakit.

Kuas Rias dan Alat Perawatan
Kuas makeup, sikat wajah, pengeriting bulu mata, penjepit, serta alat manicure dan pedicure semuanya bersentuhan langsung dengan cairan tubuh dan kulit kita dan dapat dengan mudah terkontaminasi oleh bakteri yang dapat menyebabkan iritasi kulit atau lebih buruk lagi infeksi Staph.

Lilin
Lilin menciptakan suasana yang tenang dan bahkan romantis di kamar mandi. Tapi mereka juga bisa melepaskan bahan kimia berbahaya seperti benzena dan keton. Masalahnya datang dari lilin yang terbuat dari lilin parafin yang dibuat dari minyak bumi yang melepaskan hidrokarbon. Baca label karena lilin yang dibuat di Amerika Serikat harus bebas timah, tetapi yang dibuat di negara lain mungkin masih mengandung timah. Lilin beraroma berat dan penyebar minyak dapat menyebabkan iritasi tambahan pada penderita alergi dan asma.Lilin, seperti yang dari DW Home Naturals, dibuat di AS dari lilin lebah atau kedelai dan yang tanpa kawat atau logam pada sumbu adalah yang paling aman. Saat membakar lilin di ruangan kecil seperti kamar mandi, pastikan ada sirkulasi udara yang baik untuk mengatasi masalah kesehatan.

Produk Pembersih Kamar Mandi
Kamar mandi adalah ruangan kecil dan menggunakan bahan kimia keras untuk membersihkan dapat menyebabkan masalah pernapasan dan jika beberapa dicampur bersama, gas beracun dapat menyebabkan kematian. Jangan pernah mencampur amonia dan pemutih klorin dan selalu nyalakan kipas angin untuk meningkatkan sirkulasi udara saat membersihkan.

Penyegar udara
Sama seperti lilin yang dapat menambah aroma harum atau menutupi bau yang tidak terlalu menyenangkan di kamar mandi, banyak dari kita suka menggunakan penyegar udara. Sayangnya, mereka juga bisa menimbulkan masalah. Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan telah menemukan bahwa banyak mengandung 1,4 diklorobenzena, senyawa organik yang mudah menguap, yang terkait dengan penurunan fungsi paru-paru.

Lantai Vinyl
Jika Anda memiliki rumah yang dibangun sebelum tahun 1972 dengan lantai ubin vinil, mungkin rumah tersebut mengandung asbes. Ancaman terbesar datang jika lantai retak atau jika Anda memutuskan untuk merenovasi dan melepas lantai. Asbes dikenal sebagai karsinogen.Hampir semua vinil mengeluarkan bahan kimia organik yang mudah menguap (VOC) tetapi meningkatkan ventilasi selama pemasangan dan selama beberapa minggu saat selesai akan membantunya menghilang. Ada pilihan lantai vinil yang diproduksi untuk memenuhi standar ketat kualitas udara dalam ruangan. Anda dapat membantu mengatasi masalah dengan memilih vinil dan perekat VOC rendah dan menggunakan pemasang yang memenuhi syarat.

Yuk mulai sekarang selalu menjaga kebersihan pada spot-spot diatas!

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *