GreenClean – Pernahkah Anda memikirkan peralatan yang Anda gunakan hampir setiap hari? Tentu, Anda memperhatikan jika tidak berfungsi atau baunya sangat tidak enak. Tetapi jika Anda membersihkannya secara teratur untuk menghilangkan bakteri dan kotoran yang memperlambat kinerja, kuda kerja mahal ini dapat bekerja lebih baik dan bertahan lebih lama.

 

Seputar Kebersihan Peralatan Rumah Tangga Yang Harus Anda Ketahui

 

 

Bersihkan Kulkas Anda Setiap 3 Bulan
Jadikan pembersihan lemari es lebih mudah dengan menyeka tumpahan saat terjadi dan menyeka gagang dan kontrol dispenser setiap hari dengan tisu desinfektan untuk menghilangkan bakteri dari banyak tangan. Seminggu sekali, luangkan beberapa menit untuk memeriksa makanan yang perlu dibuang untuk mencegah tumbuhnya jamur dan lumut yang cepat menyebar.

Kosongkan lemari es seluruhnya dari makanan, rak, dan nampan setiap tiga bulan untuk pembersihan menyeluruh. Buang apa pun yang sudah melewati masa jayanya. Campurkan larutan satu sendok teh sabun pencuci piring cair dan satu liter air panas. Gunakan spons bersih atau kain mikrofiber untuk mengelap bagian dalam, dengan ekstra hati-hati terhadap tumpahan. Kemudian bersihkan permukaan dengan kain kering bersih.

Cuci rak dan tempat sampah dengan deterjen dan larutan air panas yang sama. Bilas bersih dan keringkan sepenuhnya sebelum dimasukkan kembali ke dalam lemari es. Bersamaan dengan makanan, tambahkan sekotak soda kue baru yang sudah dibuka untuk membantu menyerap bau dan selesai.

Jika Anda memiliki kompartemen freezer yang dapat mencair sendiri, ikuti langkah pembersihan yang sama. Untuk freezer berisi es, ikuti rekomendasi pabrik untuk mencairkan dan membersihkan.

Sekarang bagian dalam sudah bersih, cabut kulkas, tarik menjauh dari dinding, dan sedot debu di belakang dan di bawahnya. Anda mungkin perlu melepas penutup berventilasi untuk mencapai setiap celah. Jika gulungan dan kipas dilapisi dengan debu, lemari es harus bekerja lebih keras untuk menjaganya tetap dingin.

Bersihkan Mesin Pencuci Piring Sekali Sebulan
Bersihkan mesin pencuci piring Anda dengan cuka dan soda kue sebulan sekali agar tetap bekerja dengan baik. Dengan mesin pencuci piring kosong, lepaskan rak bawah dan periksa saringan pembuangan dan dispenser deterjen apakah ada kotoran. Bersihkan saringan dengan sikat berbulu lembut dan ganti rak. Isi mangkuk kaca dengan satu cangkir cuka putih suling dan taruh di rak paling atas. Jalankan siklus pencucian air panas tetapi lewati siklus pengeringan. Buka mesin pencuci piring dan taburkan satu cangkir soda kue di sepanjang lantai mesin pencuci piring. Jalankan siklus air panas singkat lainnya.

Interior mesin pencuci piring Anda sekarang bebas dari minyak dan bau dan bagus untuk digunakan sebulan lagi. Setidaknya setahun sekali atau jika mesin pencuci piring Anda tidak membersihkan dengan baik, luangkan waktu untuk melakukan pembersihan yang lebih menyeluruh.

Membersihkan Pembuangan Sampah Mingguan
Bahkan dengan semua air yang mengalir melalui pembuangan sampah, tetap perlu pembersihan mingguan untuk mencegah bau. Meskipun menggiling beberapa kulit jeruk dapat menambah keharuman yang harum, ini tidak benar-benar membersihkan dengan baik, tetapi ada cara cepat untuk membersihkan pembuangan:

Dengan cara pembuangan dimatikan, buat busa pembersih dengan menuangkan 1/2 cangkir soda kue dan kemudian secara perlahan tambahkan 1/2 cangkir cuka putih suling. Kombinasi tersebut akan berbusa mencapai setiap celah. Gunakan sumbat wastafel untuk menahan busa di dalamnya. Saat desis berhenti, basuh dengan air panas. Jika Anda memiliki wastafel ganda, lakukan kedua saluran pembuangan secara bersamaan untuk hasil terbaik.

Bersihkan Kompor dan Oven Secara Musim
Sama seperti lemari es, Anda tidak perlu sering melakukan pembersihan tugas berat jika Anda segera menyeka tumpahan dan cipratan. Kompor halus dan kompor yang memiliki pembakar dapat dibersihkan dengan sabun pencuci piring yang lembut dan larutan air panas. Jangan pernah menggunakan pembersih keras atau scrubber logam yang dapat merusak lapisan. Spatula plastik bekerja paling baik untuk menghilangkan makanan yang mengeras.

Jika kompor tanam memiliki panci atau kisi-kisi logam di atas pembakar gas, kompor tersebut tahan terhadap gosokan berat dan harus dibersihkan setiap bulan. Anda akan mendapatkan hasil terbaik jika panci tetes terendam dalam larutan degreaser dan air panas selama sekitar 30 menit sebelum menggosok dengan sabut baja atau sikat kaku.

Oven harus dibersihkan secara musiman. Waktu terbaik untuk membersihkan adalah setelah maraton memasak liburan besar, bukan sebelumnya! Jika oven bisa membersihkan sendiri, ikuti petunjuk pabriknya. Untuk oven biasa yang tidak terlalu kotor, gunakan pasta soda kue dan air sebagai penghilang minyak dan abrasif ringan. Untuk makanan yang dipanggang, andalkan pembersih oven komersial dan ikuti petunjuknya.

Mudah Membersihkan Microwave Mingguan
Gelombang mikro sangat mudah dibersihkan, Anda harus melakukannya setiap minggu untuk mencegah pekerjaan besar nantinya. Cukup isi mangkuk microwave dengan satu cangkir air. Anda bisa menambahkan irisan lemon jika microwave memiliki bau yang menyengat. Nyalakan microwave dan didihkan air; kemudian diamkan di dalam setidaknya lima menit lagi. Buka pintu dan gunakan kain yang dibasahi untuk menyeka setiap permukaan. Meja putar bisa masuk ke mesin pencuci piring atau hanya diseka. Pastikan untuk membersihkan gagang dan panel sentuh dengan lap disinfektan untuk membunuh bakteri dan kuman.

Jika Anda memiliki kombinasi microwave dan kap ventilasi yang dipasang di atas kompor Anda, jangan lupa untuk memberikan filter ventilasi pembersihan rutin.

Rutinitas Bulanan untuk Mesin Cuci Bersih
Bagaimana Anda bisa berharap memiliki pakaian yang benar-benar bersih jika mesin cuci Anda kotor? Mesin cuci muatan depan sering bermasalah dengan bau apek dan bahkan mesin cuci muatan atas harus dibersihkan setiap bulan untuk menghilangkan residu deterjen yang memerangkap tanah dan bakteri. Untungnya, ini pekerjaan sederhana. Tambahkan satu liter pemutih klorin ke mesin cuci kosong dan jalankan siklus pencucian air panas dengan siklus bilas ekstra.

Bersihkan Filter Pengering Setelah Setiap Beban
Karena pengering tidak menggunakan air, kunci untuk menjaganya tetap bekerja dengan baik adalah dengan mengosongkan filter serat setelah setiap cucian dimasukkan. Jika Anda menggunakan lembaran pengering atau pelembut kain cair, bersihkan sensor kelembapan di dalam drum pengering dengan sedikit alkohol isopropil, setiap bulan. Pelembut kain dan lembaran pengering dapat meninggalkan lapisan film pada sensor yang mengganggu waktu pengeringan.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *