Berita Terbaru Religi Hari Jumat adalah sayyidul ayyam, atau raja segala hari. Memiliki banyak sekali keutamaan, sehingga dianjurkan memperbanyak amal ibadah.

Diriwayatkan Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik hari yang matahari terbit pada hari itu ialah hari Jumat. Pada hari itulah Adam diciptakan dan pada hari itu pula ia dimasukkan dalam surga dan juga pada hari itulah ia dikeluarkan dari surga itu.” (HR.Muslim)

Amalan hari Jumat merupakan amalan yang memiliki keutamaan tersendiri. Dalam banyak riwayat dikatakan tentang keutamaan hari Jumat. Amalan-amalan yang dilakukan pada hari itu bernilai tinggi di sisi Allah SWT.

Rasulullah SAW telah menganjurkan kaum muslimin untuk tidak melewatkan kemuliaan hari Jumat ini dengan melakukan beberapa amalan sunnah pada malam Jumat dan pada hari Jumat. Berikut ini merupakan amalan-amalan sunnah di hari jumat antara lain :

 

 

Sunah-Sunah Pada Hari Jumat Dalam Islam

 

 

 

1. Sunah untuk membersihkan diri

Imam An-Nawawi mengatakan, “Imam Asy-Syafi’i dan para ulama Mazhab Syafi’iyah rahimahumullah menegaskan dianjurkannya memotong kuku dan mencukur rambut-rambut di badan pada hari Jumat.” (Al-Majmu’ Syarh Muhadzab, 1:287)

Pendakwah Ustadz Adi Hidayat menyarankan laki-laki maupun perempuan untuk menjalani amalan sunahdengan cara membersihkan diri

• Disarankan untuk memotong kuku, dimulai dengan tangan kanan lalu dilanjutkan dengan tangan kiri kemudian pindah ke kaki.

• Untuk laki-laki disarankan mencukur kumis dan merapikan jenggot.

 

2. Membaca surat Al-Kahfi

Pahala membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, orang tersebut akan dinaungi cahaya kebaikan di antara dua Jum’at. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنْ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jum’at”. (HR. An Nasai dan Al Hakim)

Pendakwah kondang Ustadz Adi Hidayat meminta untuk tidak sekedar membaca saja, tetapi harus pahami juga arti dari surat tersebut.

“Dalam membaca itu mempunyai dua makna dalam bahasa arab, yang pertama hanya sekedar membaca, serta yang kedua untuk dipahami. Jika ada redaksi hadits meminta untuk membaca, umumnya itu memahami,” ujar Ustadz Adi Hidayat dalam sebuah video ceramahnya.

Hadits riwayat Tirmidzi menyatakan membaca satu huruf dalam Alquran mendapat 10 kebaikan. Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitabullah (Alquran) maka baginya satu kebaikan, dan setiap satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat kebaikan yang sama dengannya, aku tidak berkata ‘alif laam miim’ satu huruf, akan tetapi ‘alif ’ satu huruf, ‘lam’ satu huruf, dan ‘mim’ satu huruf.” (HR. at-Tirmidzi, no. 2910).

“Banyak-banyak baca Alquran yang mudah-mudahan tertutup dengan pahala-pahala kemuliaan,” ujar Ustadz Adi Hidayat.

 

3. Memperbanyak sedekah

Amalan-amalan di hari Jumat pun dijanjikan ganjaran pahala yang berlipat ganda. Dari sekian banyak amalan, salah satunya yang banyak dianjurkan adalah sedekah.

“Bisa mencari amalan cerdas, Amalan cerdas adalah amalan yang pahalanya bisa mengalir sampe kita meninggal dunia atau yang sering disebut sedekah jariyah,” Ujar Ustadz Adi Hidayat.

Sedekah jariyah adalah ketaatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencari ridho Allah sebagai bentuk taqarrub (mendekatkan diri) kepada-Nya. Dengan sedekah jariyah maka orang-orang bisa memanfaatkannya secara kontinu dan orang yang mengamalkannya akan mendapat pahala sepanjang sedekahnya masih bermanfaat bagi orang lain. Tentu amalan ini harus disertai perasaan ikhlas dan rela agar mendapat ridha dari Allah SWT.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *