Berita Terbaru Religi Kaum muslim selalu dianjurkan untuk bersedekah sekecil apapun itu. Bisa dengan memberi makan orang yang membutuhkan, membantu dalam kesulitan, dan bersedekah ilmu serta pengetahuan. Jika tak memiliki harta benda, bisa bersedekah tenaga di jalan yang diridhai Allah, misalnya membantu panitia kurban.

Sebagaimana yang diketahui jika sedekah merupakan pemberian seorang muslim kepada muslim lainnya, secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu, karena sedekah tidak hanya mengeluarkan atau menyumbangkan harta, namun mencakup amalan yang baik. Tiap sedekah yang dikeluarkan dengan ikhlas, maka Allah akan menggantikannya dengan limpahan rezeki.

Allah SWT berfirman,

وَمَا أَنفَقْتُم مِّن شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Artinya : “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rizki.” (QS. Saba’: 39)

 

Dalam Alquran Surah Al-Baqarah ayat 270, Allah SWT berfirman:

وَمَا أَنفَقْتُم مِّن نَّفَقَةٍ أَوْ نَذَرْتُم مِّن نَّذْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُهُ

“Apapun infak yang kalian berikan atau nadzar apapun yang kalian canangkan, sesungguhnya  Allah mengetahuinya.”

 

Sedekah sekecil dan sebesar apapun harus selalu di dasari niat karena Allah SWT dan selalu ikhlas, sungguh Allah SWT menyukai orang yang bersedekah secara sembunyi- sembunyi. Allah SWT akan memberikan keberkahan dan kemaslahatan dalam hidupnya pada hamba-Nya yang selalu bersedekah.

 

 

Keistimewaan Bersedekah Menurut Islam

 

 

Sebagaimana yang dilansir dari muslim.or.id, berikut keutaman orang yang selalu bersedekah :

1. Mendapat naungan dari Allah SWT pada hari kiamat

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada tujuh golongan orang yang akan diberi naungan oleh Allah pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan dari-Nya. Seorang pemimpin yang adil. Seorang pemuda yang tumbuh dalam (ketaatan) beribadah kepada Allah ‘azza wa jalla. Seorang lelaki yang hatinya bergantung di masjid-masjid. Dua orang pasangan yang saling mencintai karena Allah, mereka berdua bertemu dan berpisah karena-Nya. Seorang lelaki yang diajak berzina oleh seorang
perempuan yang memiliki kedudukan dan kecantikan lalu dia berkata, ‘aku takut kepada Allah’. Seorang lelaki yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi, sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya. Dan seorang lelaki yang mengingat Allah dalam kesendirian lalu mengalirlah air matanya.” (HR. Bukhari dan Muslim, lihat Shahih at-Targhib (1/531)).

2. Memadamkan kemurkaan Allah

Dari Mu’awiyah bin Haidah radhiyallahu”anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya sedekah secara rahasia bisa meredam murka Allah SWT” (HR. ath- Thabrani dalam al-Kabir, lihat Shahih at-Targhib (1/532).

3. Kunci meraih kelezatan amal

Abu Turab rahimahullah mengatakan, “Apabila seorang hamba bersikap tulus/jujur dalam amalannya niscaya dia akan merasakan kelezatan amal itu sebelum melakukannya. Dan apabila seorang hamba ikhlas dalam beramal, niscaya dia akan merasakan kelezatan amal itu di saat sedang melakukannya.” (lihat Ta’hir al-Anfas, hal. 594).

4. Jalan untuk meraih keikhlasan

Sufyan bin Uyainah berkata: Abu Hazim rahimahullah berkata, “Sembunyikanlah kebaikan- kebaikanmu lebih daripada kesungguhanmu dalam menyembunyikan kejelekan-kejelekanmu.” (lihat Ta’thirul Anfas, hal. 231).

Ibrahim at-Taimi rahimahullah berkata, “orang yang ikhlas adalah yang berusaha menyembunyikan kebaikan-kebaikannya sebagaimana dia suka menyembunyikan kejelekan- kejelakannya.” (lihat Ta’thirul Anfas, hal. 252).

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *