Berita Terbaru Religi Rasa sedih dan bahagia merupakan sesuatu yang lumrah dialami manusia dalam kehidupan. Sering kali saat senang manusia lupa dirinya. Ketika diberikan ujian oleh Allah SWT, maka akan bersedih terus menerus. Padahal ujian diberikan agar hamba mengingat Allah.

Dalam Alquran Surah At-Taubah ayat 40, Allah berfirman yang artinya “Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.”

Sebagaimana Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang juga penulis buku-buku motivasi Islami, Dr. Didi Junaedi dalam artikelnya di kolom jaringansantri.com menulis bahwa dalam hidup ini, selalu ada saat di mana kita merasakan kesedihan dan kekecewaan. Pada saat seperti itu, tidak jarang air mata menetes membasahi pipi. Bahkan jika kesedihan dan kekecewaan itu sangat dalam, tanpa terasa kita akan menangis tersedu.

Menangis karena sakit, sedih serta kecewa adalah hal yang wajar dan manusiawi belaka. Menjadi tidak wajar, ketika kita terus menerus menangisi peristiwa yang membuat kita sakit, sedih dan kecewa itu. Lebih tidak wajar lagi, ketika kesedihan serta kekecewaan itu membuat kita kehilangan semangat hidup, pesimis serta putus asa.

Alqur’an mengajarkan kepada kita bagaimana cara yang tepat dalam menghadapi kekecewaan serta menyikapi kesedihan.

 

Untukmu Yang Sedang Sedih , Ingatlah Allah Selalu Bersamamu

 

Ayat yang penulis kutip di awal tulisan ini menegaskan bahwa jika kita menyadari sepenuh hati tentang kebersamaan Allah dalam setiap gerak dan langkah kehidupan yang kita jalani, maka tidak ada alasan bagi kita untuk bersedih hati, khawatir atau takut dalam menjalani hidup ini. Karena kita yakin, Allah pasti akan selalu memberikan yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya.

Dalam ayat lain dinyatakan, “Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman.” (Q.S. Ali ‘Imran : 139)

Keimanan seseorang akan menjadi kunci utama kedewasaan sikapnya dalam menghadapi beragam ujian dan cobaan hidup. Semakin tinggi iman seseorang, maka semakin siap dan dewasa dalam menghadapi pelbagai persoalan kehidupan yang menimpanya. Karena, dia yakin sepenuh hati bahwa Allah Swt. pasti akan memberikan solusi atas setiap persoalan yang dihadapinya.

Keyakinan dalam diri seseorang akan kebersamaan Allah, menjadikannya kuat dan tegar menghadapi segala aral yang menghadang. Karena dia sadar sepenuh hati bahwa Allah Maha Pemberi Solusi. Tak akan ada rasa sedih dan kecewa ketika kita yakin Allah selalu bersama kita.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *