Berita Terbaru Religi Apakah kamu sudah pernah melakukan ibadah haji atau mungkin Anda akan melakukan ibadah haji? Pastinya rasa bahagia tak terkira Anda dapatkan karena Anda telah menjadi tamu Allah di rumah kakbah. Dan sudah dapat dipastikan bahwa Anda sangat berharap menjadi haji mabrur.

Ya, mendapatkan haji mabrur memang dambaan setiap orang yang berangkat haji ke tanah suci. Akan tetapi memang dalam hal mendapatkan haji mabrur itu sangat tidak mudah. Bahkan menurut pendapat salah seorang ulama yaitu Ibnu Razaq tak banyak orang yang mendapatkan haji mabrur.

Rasulullah Shalallahu’alaihi wassalam bersabda : “Haji mabrur itu tiada lain pahalanya adalah surga”.

 

Tentu kita semua ingin masuk surga di akhirat kelak. Dan beberapa tanda seseorang yang telah berangkat haji dan mendapatkan haji mabrur diantaranya :

 

Tanda Seseorang Mendapatkan Haji Mabrur

 

Ibadah hajinya dilakukan dengan harta halal
Kalau ia melakukan ibadah haji dengan harta yang diperoleh dari cara – cara tidak halal seperti korupsi, riba, maka tentunya orang yang melakukan ibadah haji tersebut tidak dapat dikatakan sebagai haji mabrur.

Melakukan ibadah haji sesuai tuntunan Rasulullah
Dalam melakukan ibadah haji memang sangat disarankan melakukan sesuai tuntunan Rasulullah mulai dari rukun, sunnah dan wajib dengan penuh rasa ikhlas. Jadi ketika menjalankan ibadah haji tersebut tidak boleh dilakukan dengan adanya rasa ria dan pamer.

Mengisi ibadah haji dengan beragam amalan sholeh
Ada baiknya mengisi seluruh rangkaian proses ibadah haji dengan melakukan beragam amalan sholeh selama di masjidil haram dan masjid nabawi. Seperti Anda lakukan sholat, puasa sunnah, memberi makan dan santunan kepada fakir miskin dan sebagainya.

Menghindari maksiat
Selama Anda menjalani ihram tidak boleh melakukan maksiat, namun bukan berarti setelah lepas pakaian ihram boleh melakukan maksiat. Ada baiknya kapanpun dan dimanapun bahkan sepulangnya dari ibadah haji Anda jauh – jauh dari yang namanya maksiat.

Salihnya meningkat
Jika ibadah yang dilakukan mengalami peningkatan terus menerus maka bisa dikatakan mungkin orang ini adalah haji yang mabrur karena hari ini lebih baik dari sebelumnya dan ia adalah orang yang beruntung.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *