Berita Terbaru Religi Siapa saja umat muslim pastinya sangat ingin dan sangat mendambakan bisa berangkat haji untuk melakukan serangkaian prosesi ibadah haji. Anda tentu juga sangat menginginkannya bukan? Sebenarnya haji memang ibadah wajib bagi yang mampu secara materi dan badaniah.

Ibadah haji yang dilakukan juga memiliki syarat sah dan syarat mampunya haji. Nah, mungkin Anda yang masih belum berangkat haji atau ingin pergi haji dan berharap ada yang menghajikan ingin tahu apa saja sebenarnya syarat sah dan syarat mampunya haji?

 

Syarat Sahnya Haji Dan Syarat Mampu Haji

 

Pertama – tama kali ini kita akan bahas tentang apa saja syarat sahnya melakukan ibadah haji bagi seorang muslim. Beberapa syarat sahnya haji diantaranya yaitu ia yang melakukan ibadah haji adalah beragama islam, dewasa dan bukan mumayyis, tidak gila dan juga bukan budak belian.

Sementara untuk persyaratan muslim yang wajib haji atas dirinya yaitu beragama islam, baligh, waras atau berakal, merdeka atau bukan budak dan memang dirinya mampu melaksanakan ibadah haji. Lantas seperti apa syarat mampu dalam ibadah haji?

Mereka yang dikatakan mampu dalam ibadah haji harus memenuhi syarat sehat jasmani dan rohani serta tidak dalam kondisi tua renta, sakit berat, lumpuh dan mengalami masalah sakit parah yang sampai menular atau bahkan stres dan gila. Sebaiknya haji dilakukan ketika masih sehat, gesit sehingga semua proses ibadah haji dilakukan dengan senang dan ikhlas tanpa beban.

Dan mereka yang dikatakan mampu ibadah haji yaitu mereka yang memiliki uang cukup untuk ongkos haji pulang pergi serta memiliki bekal selama ibadah haji. Jangan sampai ketika melakukan ibadah haji malah terlunta – lunta nantinya di Arab Saudi.

Selain itu syarat mampu haji yang lainnya adalah keamanan yang cukup selama berada didalam perjalanan dan melakukan ibadah haji serta keluarga dan juga harta yang ditinggalkan selama ia sedang melaksanakan ibadah haji. Bagi wanita yang akan melakukan ibadah haji penting untuk didampingi suami atau muhrim yang dipercaya.
Sekarang Anda sudah tahu bukan apa saja syarat – syaratnya dalam melakukan ibadah haji dan syarat mampu haji?

 

Semoga kita bisa berhaji segera ya! Aaamiin. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *