Berita Terbaru Religi Anda salah satu muslim yang akan melaksanakan ibadah haji? Wow, selamat karena Anda sudah akan menuntaskan rukun Islam yang kelima ini. Nah, bagi Anda yang akan segera menunaikan ibadah haji, perlu sekali memang Anda membekali diri Anda sebelum berangkat haji dengan ilmu yang satu ini. Karena pengalaman sebelumnya masih banyak yang tidak sadar bahwa ia telah melakukan pelanggaran dalam ihram, melakukan pelanggaran wajib haji dan nanti mesti menunaikan yang disebut fidyah. Lalu sebenarnya apa saja fidyah yang dibebankan kepada orang yang melakukan ibadah haji tetapi melakukan pelanggaran – pelanggaran dalam ketentuan pelaksanaan ibadah haji? Berikut kami akan berikan uraian detailnya untuk Anda!

 

 

Memahami Fidyah Dalam Ibadah Haji

 

 

Fidyah karena melakukan apa yang dilarang dalam ihram
Pastinya Anda sudah tahu apa – apa yang dilarang didalam ihram seperti tidak boleh mengenakan pakaian yang berjahit, memakai wangi – wangian dan jima’ dan masih banyak lagi. Bentuk fidyah dari Anda yang melanggar larangan ihram adalah menyembelih kambing satu ekor, atau Anda bisa ganti dengan memberi makan enam orang miskin. Atau jika kedua hal ini tidak mampu Anda bisa melakukan ibadah puasa selama 3 hari lamanya.

Fidyah karena meninggalkan wajib haji
Beberapa kewajiban haji diantaranya melempar jumroh, mabit di muzdalifah dan di mina, thawaf wada dan ihram di miqot. Jika ada salah satunya yang tidak Anda lakukan maka kewajiban Anda yaitu membayar damm. Damm yang Anda bayarkan yaitu bisa berupa menyembelih satu ekor kambing, puasa sepuluh hari dengan ketentuan tiga hari disaat haji dan tujuh hari ketika kembali ke negaranya.

Fidyah jaza’
Ketika Anda berburu hewan darat padahal ini dilarang dalam Islam bentuk fidyahnya yang harus Anda bayar diantaranya menyembelih hewan yang semisal lalu memberikan makan kepada orang miskin di tanah haram. Atau Anda juga bisa membeli makanan dengan harga sesuai dengan harga dari hewan yang Anda sembelih tadi atau melakukan puasa 10 hari.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Fidyah Dalam Ibadah Haji bermanfaat. Semoga kelak ketika kita menunaikan ibadah haji tak ada larangan yang terlanggar dan bisa melakukan ibadah haji dengan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *