Berita Terbaru Religi Ramalan kalender suku Maya yang mengklaim jika bumi akan berakhir 21 Juni 2020 sempat heboh dan jadi perbincangan warganet. Isu kiamat pun sempat jadi trending di Twitter. Kapan sebenarnya kiamat?

Percaya kepada Hari Akhir adalah salah satu rukun iman yang wajib diyakini oleh umat Islam. Tapi, bagi Muslim percaya bahwa kiamat adalah rahasia Allah.

Sebagaimana dikutip dari penjelasan di laman resmi Pondok Pesantren Lirboyo, Senin (22/6/2020), di dalamAlquran banyak bertebaran ayat yang menjelaskan tentang hari kiamat.Bahkan ketika ditanya mengenai waktunya, Rasullullah SAW sendiri tidak mengetahui kapan waktunya akan tiba. Allah SWT berfirman:

 

يَسْأَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا

 

“Manusia bertanya kepadamu tentang hari kiamat. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan
tentang hari kiamat itu hanya di sisi Allah”. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh
jadi hari kiamat itu sudah dekat waktunya.” (QS. Al-Ahzab: 63)

 

Dalam ayat lain disebutkan:

 

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ”

 

“Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang kiamat: Bilakah terjadinya? Katakanlah:
Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat hanya ada pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun
yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-
haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu
melainkan dengan tiba-tiba. Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) seakan-akan kamu benar-
benar mengetahuinya. Katakanlah: Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat hanya ada
di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”. (QS. Al-A’raf: 187).

 

Seputar Hari Kiamat

 

Walau demikian, sebelum kedatangan hari kiamat akan didahului datangnya tanda-tanda, baik tanda kecil (sughra) seperti yang telah ada saat ini, maupun tanda besar (kubra) seperti munculnya al-Mahdi, keluarnya dajal, turunnya Nabi Isa, keluarnya yakjuj makjuj, keluarnya hewan yang dapat berbicara kepada manusia, matahari terbit dari barat, timbulnya asap selama empat puluh hari yang menimpa orang kafir sehingga ia menjadi seperti orang yang mabuk dan menimpa orang beriman sehingga ia menjadi seperti orang yang flu, runtuhnya Ka’bah oleh orang habasyah setelah Isa wafat, diangkatnya Alquran dari mushhaf dan dada, serta kembalinya penghuni bumi pada kekufuran.

Semoga yang beriman tetap istiqomah, dan yang belum secepatnya ditunjukkan jalan kebenaran oleh Allah Subhanahu wata ‘ala. Aamiin.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *