Berita Terbaru Religi Sebagaimana yang dianjurkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam tentang adab makan, yaitu tidak berlebihan dan selalu memilih makanan halal dan bermanfaat bagi tubuh . Nabi mengajarkan umatnya untuk menjaga pola makan sehari-hari. Terdapat makanan sehat yang disebutkan dalam Alquran dan baik untuk dikonsumsi.Makanan ini bergizi tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, salah satunya merupakan camilan favorit Rasulullah. Berikut makanan sehat yang disebut dalam Alquran:

 

Makanan-Makanan Sehat Yang Ada Di Dalam Kitab Suci Al-Qur'an

 

 

1. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi masyarakat. Pisang mengandung berbagai macam nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Pisang juga sering kali dianjurkan sebagai obat penyembuh demam, gangguan sistem pencernaan, kejang-kejang, dan jika otot terkilir.

Berikut adalah firman Allah dalam Alquran:

وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ (27) فِي سِدْرٍ مَخْضُودٍ (28) وَطَلْحٍ مَنْضُودٍ (29) وَظِلٍّ مَمْدُودٍ (30) وَمَاءٍ مَسْكُوبٍ (31

وَفَاكِهَةٍ كَثِيرَةٍ (32) لَا مَقْطُوعَةٍ وَلا مَمْنُوعَةٍ (33

Artinya: “Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak, yang tidak terhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya,” (QS. Al-Waqi’ah: 28-33).

 

2. Anggur

Anggur merupakan buah yang cukup terpopuler. Banyaknya manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi buah ini membuat anggur semakin digemari. Anggur dipercaya dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan konstipasi.

Allah Ta’ala berfirman:

فَأَنْشَأْنَا لَكُمْ بِهِ جَنَّاتٍ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ لَكُمْ فِيهَا فَوَاكِهُ كَثِيرَةٌ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

Artinya: “Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan,” (QS. Al-Mu’minun: 19).

 

3. Zaitun

Buah zaitun adalah buah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yaitu sebesar 11-15 persen. Asam Oleat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang paling melimpah di buah zaitun. Zat tersebut sapat mengurangi pembengkakan, menurunkan risiko penyakit jantung, hingga melawan kanker.

Allah Azza wa Jalla berfirman:

يُنْبِتُ لَكُمْ بِهِ الزَّرْعَ وَالزَّيْتُونَ وَالنَّخِيلَ وَالْأَعْنَابَ وَمِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berpikir,” (QS. Surat An-Nahl: 11).

 

4. Kurma

Semua orang pasti sudah familiar dengah buah kurma. Buah khas dari jazirah Arab ini memiliki banyak manfaat. Dalam sebutir kurma, 50 persennya adalah gula alami yang cepat dicerna menjadi energi. Buah kurma ini juga dijadikan makanan pokok di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

هَاۤ اَلَّا تَحۡزَنِىۡ قَدۡ جَعَلَ رَبُّكِ تَحۡتَكِ سَرِيًّا (24) وَهُزِّىۡۤ اِلَيۡكِ بِجِذۡعِ النَّخۡلَةِ تُسٰقِطۡ عَلَيۡكِ رُطَبًا جَنِيًّا (25) فَكُلِىۡ وَاشۡرَبِىۡ وَقَرِّىۡ عَيۡنًا ۚ فَاِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الۡبَشَرِ اَحَدًا ۙ فَقُوۡلِىۡۤ اِنِّىۡ نَذَرۡتُ لِلرَّحۡمٰنِ صَوۡمًا فَلَنۡ اُكَلِّمَ الۡيَوۡمَ اِنۡسِيًّا (26)

Artinya: “Maka dia (Jibril) berseru kepadanya dari tempat yang rendah: ‘Janganlah engkau bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum dan bersenanghatilah engkau. Jika engkau melihat seseorang, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini,” (QS. Surah Maryam: 24-26).

 

5. Buah Delima

Delima sudah terkenal khususnya untuk urusan kecantikan. Namun, berdasarkan penelitian, buah delima mengandung zat gizi yang bisa menjaga kesehatan jantung, syaraf hingga mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Sebagaimana firman Allah Ta’ala:

وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً فَأَخْرَجْنَا بِهِۦ نَبَاتَ كُلِّ شَىْءٍ فَأَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُّخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُّتَرَاكِبًا وَمِنَ ٱلنَّخْلِ مِن طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَجَنَّٰتٍ مِّنْ أَعْنَابٍ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَٰبِهٍ ۗ ٱنظُرُوٓا۟ إِلَىٰ ثَمَرِهِۦٓ إِذَآ أَثْمَرَ وَيَنْعِهِۦٓ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكُمْ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Artinya: “Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. (QS. Surah Al-An’am: 99).

 

Yuk mulai sekarang konsumsi buah-buahan yang menyehatkan ini! Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *