Berita Terbaru Religi Minum menjadi kebutuhan seluruh makhluk hidup di muka bumi. Semua makhluk hidup pasti butuh minum, karena tubuh memerlukan cairan untuk tetap berfungsi baik. Jika kekurangan cairan, maka tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga lemas.

Tak hanya menghilangkan dahaga, air yang kita konsumsi bermanfaat menyegarkan tenggorokan, menambah oksigen, menetralkan racun hingga menjadi sumber energi. Akan tetapi, kita perlu tahu bahwa meminum air ada adab atau tata caranya tersendiri. Sebagai umat Islam, kita tentu wajib meneladani baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam termasuk dalam hal minum.

Dengan cara minum yang baik dan benar sesuai anjuran Nabi, maka kita bukan hanya akan mendapat pahala ibadah melainkan mendapat kebaikan yang berdampak pada kesehatan tubuh bila kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa adab minum sesuai sunah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam:

 

Cara Minum Yang Dianjurkan Nabi Muhammad Shalallahu'alahi wassalam

 

 

1. Niat

Hendaknya kita berniat sebelum minum, dengan harapan air yang kita konsumsi dapat menyegarkan, menghilangkan dahaga dan membuat badan kita semakin berenergi. Yang terpenting ialah niat kita sedari awal semata-mata mengharap pahala ibadah dari Allah Subhanahu wata’ala.

2. Berdoa

Sebelum minum, biasakanlah membaca kalimat basmalah. Diriwayatkan dari Amr bin Abi Salamah, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Wahai anakku, jika engkau hendak makan ucapkanlah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang berada di dekatmu,” (HR. Thabrani dalam Mu’jam Kabir). Ulama berpandangan bahwa hadits tersebut tak hanya berlaku untuk makan, melainkan aktivitas baik lainnya termasuk minum.

3. Menahan napas dan tidak meniup air

Sebuah hadits dari Abu Qatadah menyebutkan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jika kalian minum maka janganlah bernapas dalam wadah air minumnya,” (HR. Bukhari no. 5630 dan Muslim no. 263).

Dalam Syarah Shahih Muslim, Imam Nawawi berujar bahwa “Larangan bernapas dalam wadah air minum adalah termasuk etika karena dikhawatirkan hal tersebut mengotori air minum atau menimbulkan bau yang tidak enak atau dikhawatirkan ada sesuatu dari mulut dan hidung yang jatuh ke dalamnya dan hal-hal semacam itu,”

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam minum beliau mengambil napas di luar wadah air minum sebanyak tiga kali.” Dan beliau bersabda, “Hal itu lebih segar, lebih enak dan lebih nikmat,”.

4. Jangan minum dari mulut teko

Dari Abu Hurairah disebutkan bahwa “Rasulullah melarang minum langsung dari mulut qirbah (wadah air yang terbuat dari kulit) atau wadah air minum yang lainnya.” (HR Bukhari no. 5627).

Menurut sebagian ulama minum langsung dari mulut teko hukumnya haram, namun mayoritas ulama mengatakan hukumnya makruh. Maka seyogyanya orang yang hendak minum, tuangkanlah terlebih dahulu ke dalam gelas, kecuali dalam keadaan terpaksa.

5. Duduklah saat minum

Saat minum, sebaiknya kita dalam posisi duduk. Rasulullah sangat melarang kita meminum sambil berdiri. Sabagaimana sabdanya: “Jangan kalian minum sambil berdiri, Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan,” (HR. Muslim).

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *